Wewenang Yang Dimiliki Ojk Dalam Pengawasan Di Sektor Keuangan Bank? (Solved)

Apa saja wewenang OJK dalam melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan di sektor perbankan?

Untuk melaksanakan tugas pengaturan, OJK mempunyai wewenang:

  • menetapkan peraturan pelaksanaan Undang-Undang ini;
  • menetapkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan;
  • menetapkan peraturan dan keputusan OJK;
  • menetapkan peraturan mengenai pengawasan di sektor jasa keuangan;

Apa perlu OJK menjadi lembaga independen?

Zainal menyebutkan bahwa OJK dibentuk sebagai lembaga negara independen karena adanya kebutuhan untuk melakukan pengawasan secara lebih independen, itulah maka UU Bank Indonesia sendiri telah mengamanatkan dibentuknya lembaga tersendiri yang independen dalam melakukan pengawasan sektor jasa keuangan.

Siapa lembaga yang berwenang dan mengawasi perasuransian?

Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga yang mengawasi kegiatan di sektor perasuransian berfungsi untuk mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil serta dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

Apa wewenang otoritas jasa keuangan yang berhubungan dengan pengaturan dan pengawasan mengenai kelembagaan Bank brainly?

1) Wewenang Otoritas Jasa Keuangan dalam tugas pengaturan dan pengawasan jasa keuangan di sektor perbankan. Wewenang ini terdiri atas: Pengaturan dan pengawasan mengenai kelembagaan bank yang meliputi perizinan untuk pendirian bank dan kegiatan usaha bank.

You might be interested:  Bank Yang Bisa Pinjam Uang Tanpa Jaminan? (Best solution)

Apa saja pengaturan dan pengawasan mengenai kesehatan bank?

pengaturan dan pengawasan mengenai kesehatan bank yang meliputi:

  • likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, kualitas aset, rasio kecukupan modal minimum, batas maksimum pemberian kredit, rasio pinjaman terhadap simpanan, dan pencadangan bank;
  • laporan bank yang terkait dengan kesehatan dan kinerja bank;

Apa fungsi OJK bagi masyarakat?

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan: Terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan. Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan lembaga independen?

Lembaga independen, adalah lembaga negara di Indonesia yang dibentuk oleh pemerintah pusat, tetapi bekerja secara independen. Komisi Independen Pemilihan, adalah bagian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berwenang menyelenggarakan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan/atsu Pemilihan Anggota DPR/DPRA/DPRK.

Mengapa negara membutuhkan lembaga negara?

Maka dari itu, secara konseptual, tujuan dari dibentuknya lembaga – lembaga negara yaitu untuk menjalankan fungsi negara dan juga untuk menjalankan fungsi pemerintahan secara aktual. Membantu menjalankan roda pemerintahan negara. 2. Menjaga kestabilan atau stabilitas keamanan, politik, hukum, HAM, dan budaya.

OJK dibawah naungan siapa?

Lembaga OJK berada dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sementara itu, Bappebti adalah kepanjangan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Mengapa kegiatan asuransi dilakukan?

Polis asuransi digunakan untuk melindungi nilai terhadap risiko kerugian finansial. Baik kerugian besar maupun kecil, yang dapat disebabkan oleh kerusakan pada tertanggung atau propertinya, atau dari pertanggungjawaban atas kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh pihak ketiga.

Mengapa industri asuransi diperlukan dalam pengelolaan risiko?

Tujuan penerapan manajemen risiko di industri asuransi pada dasarnya tidak berbeda dengan industri lainnya yakni agar dapat meminimalisir dan mengelola risiko yang berdampak negatif pada tujuan, visi, dan misi perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *