Undang Undang Yang Mengatur Tentang Bank? (Correct answer)

Apa Undang-Undang yang mengatur tentang perbankan?

UNDANG – UNDANG PERBANKAN UU mengenai perbankan yang berlaku saat ini adalah UU No. 7 tahun 1992 yang diubah/diamandemen dengan UU No 10 tahun 1998.

Siapa yang mengatur perbankan di Indonesia?

Fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan berpindah ke OJK DPR mengesahkan UU No.21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengalihkan fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan dari Bank Indonesia ke OJK.

Apa yang dimaksud dengan bank menurut Undang-Undang perbankan Nomor 7 Tahun 1992?

1. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak; 2.

Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan bank menurut Undang-Undang No 14 tahun 1967 tentang Pokok Pokok perbankan?

,, Bank ” adalah Lembaga Keuangan yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu-lintas pembayaran dan peredaran uang.,,Lembaga Keuangan” adalah semua badan yang melalui kegiatan- kegiatannja dibidang keuangan, menarik uang dari dan menyalurkan ke dalam masyarakat.

You might be interested:  How Long Does An Internal Bank Transfer Take? (Correct answer)

Kegiatan apa yang dilakukan pertama kali oleh perbankan?

Kegiatan bank pertama kali adalah sebagai tempat penukaran uang. Dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan bank berkembang menjadi tempat penyimpanan atau penitipan emas atau perak untuk menghindari pencurian.

Undang undang nomor berapakah yang mengatur kerahasiaan bank?

Ketentuan mengenai rahasia bank di Indonesia telah diatur di dalam Undang Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, namun pengaturan dalam Undang – undang tersebut dirasa masih memiliki kekurangan sehingga dilakukan perubahan melalui Undang – undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU No. 7 Tahun 1992 Tentang

Siapakah yang berhak memberikan izin pendirian bank?

Bank Umum hanya dapat didirikan dan menjalankan usaha dengan izin Menteri Keuangan setelah mendengar pertimbangan Bank Indonesia.

Jelaskan apa saja yang menjadi usaha bank?

Kegiatan usaha yang dapat dilaksanakan oleh Bank Umum:

  • Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
  • Memberikan kredit.
  • Menerbitkan surat pengakuan utang.

Mengapa Bank Indonesia dijadikan sebagai lembaga independen?

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ( BI ) Destry Damayanti menegaskan bank sentral harus tetap independen. Alasannya, kondisi ini diperlukan agar kebijakan moneter kredibel dan bisa dipercaya pelaku ekonomi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Apa isi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992?

Undang – undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Sebagaimana Diubah dengan Undang – undang Nomor 10 Tahun 1998. Aturan juga menyebut fungsi perbankan sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat, serta tujuan perbankan untuk menunjang pembangunan nasional.

Manakah yang termasuk jenis jenis bank menurut UU Nomor 7 Tahun 1992?

UU No. 7 Tahun 1992

  • Jenis bank adalah Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat.
  • Undang-Undang ini mengatur mengenai usaha yang diperbolehkan bagi Bank Umum dan BPR. Usaha BPR lebih terbatas dibandingkan dengan usaha Bank Umum.
  • UU ini juga mengatur beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan oleh Bank Umum dan BPR.
You might be interested:  Yang Termasuk Bank Pemerintah? (Solution found)

Sesuai dengan UU No 10 apa tugas perbankan di Indonesia?

Di dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan disebutkan, ban adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menurut Anda apakah fungsi bank umum di Indonesia?

Tugas utama yang dimiliki oleh bank umum di Indonesia adalah menghimpun atau mengumpulkan dana dari masyarakat yang ada di seluruh Indonesia. Hasil pengumpulan uang dari masyarakat ini bisa berupa tabungan. Tujuan penghimpunan uang masyarakat yang dilakukan oleh bank ini adalah menjamin keamanan uang tersebut.

Mengapa bank perlu mempunyai banyak jenis produk dan jasa bank?

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam, setiap bank pun melengkapi layanannya dengan berbagai produk. Tujuannya adalah agar semua kebutuhan nasabah dapat dilayani dengan baik.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan perbankan?

Perbankan adalah industri yang menangani uang tunai, kredit, dan transaksi keuangan lainnya. Bank menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan uang tunai dan kredit ekstra dan bank menawarkan rekening tabungan, sertifikat setoran, serta rekening giro. Bank menggunakan simpanan ini untuk memberikan pinjaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *