Terangkan Bagaimana Cara Mengangkat Dewan Gubernur Bank Indonesia?

Siapa yang mengangkat Gubernur Bank Indonesia?

Juda Agung dan Aida S. Budiman Dilantik sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Pada hari ini, Kamis, 6 Januari 2021, Juda Agung dan Aida S. Budiman mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia di hadapan Ketua Mahkamah Agung, Dr. H. Muhammad Syarifuddin S.H, M.H.

Bagaimana cara mengangkat Dewan Gubernur Bank Indonesia?

Gubernur, Deputi Gubernur Senior, dan Deputi Gubernur diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Calon Deputi Gubernur diusulkan oleh Presiden berdasarkan rekomendasi dari Gubernur Bank Indonesia.

Apa yang dimaksud Dewan Gubernur Bank Indonesia?

Sebagaimana amanat Undang-Undang tentang Bank Indonesia, Rapat Dewan Gubernur (RDG) merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di Bank Indonesia. Melalui forum ini, Dewan Gubernur menetapkan atau melakukan evaluasi kebijakan yang bersifat prinsipil dan strategis. Komite kebijakan stabilitas sistem keuangan.

Siapa yang mengusulkan dan mengangkat Deputi Gubernur Bank Indonesia?

Gubernur dan Deputi Gubernur Senior diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat. Deputi Gubernur diusulkan oleh Gubernur dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

You might be interested:  Bagaimana Pembagian Tugas Bank Indonesia Dan Ojk Dalam Perekonomian?

Berapa lama masa jabatan Gubernur Bank Indonesia?

Gubernur Bank Indonesia adalah seorang pejabat negara Republik Indonesia yang memimpin Dewan Gubernur Bank Indonesia. Masa jabatan Gubenur Bank Indonesia adalah 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali dalam jabatan yang sama untuk sebanyak-banyaknya 1 (satu) kali masa jabatan berikutnya.

Siapa nama ketua Bank Indonesia?

Perry Warjiyo (lahir 25 Februari 1959) ditetapkan sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Agus Martowardojo melalui sidang paripurna DPR RI, Selasa (3/4/2018).

Berapa Gaji Direktur Bank Indonesia?

Direktur Eksekutif/ Direktur Senior = Rp 83,06 juta. Direktur = Rp 57,68 juta. Deputi Direktur = Rp 49,36 juta. Asisten Direktur = Rp 32,86 juta.

Pengawas kinerja Bank Indonesia bertanggung jawab kepada siapa?

Pengawasan terhadap Bank Indonesia dari sisi keuangan dilakukan dalam bentuk pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Tahunan Bank Indonesia (LKTBI) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI).

Apakah anggota Dewan Gubernur dapat diberhentikan oleh Presiden?

Anggota Dewan Gubernur tidak dapat diberhentikan dalam masa jabatannya kecuali karena yang bersangkutan mengundurkan diri, terbukti melakukan tindak pidana kejahatan, atau berhalangan tetap.

Apa saja tugas Dewan Gubernur Bank Indonesia?

Gubernur Bank Indonesia juga memiliki tugas untuk bersinergi dengan pemerintah yang di antaranya mengenai kas pemerintah, pinjaman luar negeri, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN), serta lainnya.

Apa tujuan tugas dan wewenang Bank Indonesia?

Tujuan BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, BI mempunyai tugas: menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter; mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran; dan.

Tujuan dan tugas Bank Indonesia terdapat dalam undang-undang nomor berapa?

Wewenang dan tugas Bank Indonesia tertuang di dalam Undang – undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999 dan sebagaimana telah diubah dengan UU Republik Indonesia No 6/2009.

You might be interested:  Bank Syariah Yang Benar Benar Syariah?

Apabila Gubernur dan Deputi Gubernur Senior berhalangan siapa yang akan memimpin Dewan Gubernur?

Dalam hal Gubernur dan Deputi Gubernur Senior berhalangan, Gubernur atau Deputi Gubernur Senior menunjuk seorang Deputi Gubernur untuk memimpin Dewan Gubernur.

Siapakah yang mengawasi kegiatan bank bank komersial dan bank Indonesia?

Kembali ke OJK. Secara garis besar, OJK hadir untuk melaksanakan amanat pasal 34 ayat (1) UU nomor 6/2009 tentang BI. Pasal tersebut menyebutkan: “Tugas mengawasi Bank akan dilakukan oleh lembaga pengawasan sektor jasa keuangan yang independen, dan dibentuk dengan Undang-Undang”.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *