Teori Rahasia Bank Yang Dianut Indonesia? (Best solution)

Indonesia menggunakan teori apa dalam perbankan?

Indonesia sendiri menganut teori rahasia bank yang bersifat nisbi, hal ini dapat dilihat di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini khususnya mengenai pasal-pasal yang ada kaitannya dengan rahasia bank yang diatur dalam Undang-Undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan yang kemudian mendapat perubahan

Teori teori tentang ruang lingkup rahasia bank dan Indonesia menganut teori yang mana?

Dengan demikian, teori relatif melindungi semua pihak, baik individu, masyarakat, maupun Negara. Teori relatif dianut oleh negara-negara pada umumnya, seperti Amerika Serikat, Belanda, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia, rahasia bank diatur dalam Undang-Undang Perbankan yang menganut teori relatif.

Apa saja teori rahasia bank?

Teori rahasia bank bersifat mutlak, yaitu bank berkewajiban menyimpan rahasia nasabah yang diketahui oleh bank karena kegiatan usahanya dalam keadaan apapun.

Negara manakah yang pernah menganut teori Rahasia Bank mutlak?

Teori ini sangat menonjolkan kepentingan individu sehingga kepentingan negara dan masyarakat sering terabaikan. Teori rahasia bank yang bersifat mutlak (absolute theory) dianut oleh salah satu negara yaitu Swiss.

You might be interested:  Merek Power Bank Yang Bagus? (Best solution)

Kepada siapa dirahasiakan bank?

Secara eksplisit kewajiban bank untuk merahasiakan keterangan nasabahnya diatur di dalam Pasal 40 ayat (1) UU 10/1998, namun yang wajib dirahasiakan itu terbatas kepada nasabah penyimpan dan simpanannya, kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud Pasal 41-44 dalam hal seperti untuk kepentingan perpajakan berdasarkan

Faktor apa saja yang termasuk dalam pengecualian penerapan rahasia bank?

Akan tetapi, ada beberapa pengecualian bagi bank untuk memberikan rahasia bank itu, yaitu dalam hal – hal berikut:

  • Untuk kepentingan perpajakan.
  • Untuk penyelesaian piutang bank yang sudah diserahkan kepada Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/Panitia Urusan Piutang Negara.
  • Untuk kepentingan peradilan dalam perkara pidana.

Apakah segala informasi yang diberikan oleh bank itu termasuk dalam ruang lingkup rahasia bank?

Dalam artian bahwa bank dan pegawai bank merupakan pihak-pihak yang juga termasuk ruang lingkup dalam rahasia bank. Karena bank dan pegawai bank mengetahui mengenai keterangan dan keadaan keuangan nasabah, oleh karena itu bank dan pegawai bank termasuk di dalamnya.

Mengapa rahasia bank sangat penting?

Secara teori, tujuan dan rahasia bank adalah untuk melindungi dana masyarakat yang disimpan bank, mengingat masyarakat hanya mau menjadi nasabah bank apabila ada jaminan bahwa rekeningnya dapat dijamin kerahasiaannya sehingga tidak dapat disalahgunakan (dalam bentuk kejahatan) oleh pihak manapun juga, baik oleh intern

Apa saja pasal yang disebutkan dalam rahasia bank?

Pengertian Rahasia Bank dalam Pasal 1 angka 28 Undang–undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang–undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan disebutkan bahwa “ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.”

Kapan rahasia bank bisa dibuka?

(1) Pemberian perintah atau izin tertulis membuka Rahasia Bank sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Pasal 5, dan Pasal 6 dilaksanakan oleh Gubernur Bank Indonesia dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah surat permintaan diterima secara lengkap oleh Direktorat Hukum Bank Indonesia.

You might be interested:  Cara Mengetahui Pin Atm Yang Lupa Tanpa Ke Bank? (Perfect answer)

Apakah bank bisa memberikan data nasabah?

Sesuai dengan ketentuan Pasal 40 (1) UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan ‘ bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya’. Data /informasi di atas tidak boleh diberikan kepada pihak ketiga atau digunakan untuk tujuan selain yang disepakati.

Bank wajib menjaga rahasia tentang keuangan nasabah kapan rahasia bank bisa gugur?

Rahasia bank akan gugur, apabila: 1. Untuk kepentingan perpajakan. Pimpinan Bank Indonesia atas permintaan Menteri Keuangan berwenang mengelurakan perintah tertulis kepada bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti- bukti tentang keuangan nasabah penyimpanannya tertentu kepada pejabat pajak.

Mengapa rahasia bank dapat diterobos?

1.Penerapan rahasia bank dapat diterobos dengan alasan demi penegakan hukum, jika memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dengan adanya izin dari pimpinan Bank Indonesia berdasarkan ketentuan Pasal 41 ayat (1), Pasal 42, Pasal 44 Undang- Undang Perbankan dan

Sanksi apakah yang akan dikenakan kepada bank yang membocorkan?

Pidana penjara minimal 2 (dua) tahun dan maksimal 7 (tujuh) tahun serta denda minimal Rp. 4.000.000.000,00 (empat milyar rupiah) dan denda maksimal Rp. 15.000.000.000,00 (lima belas milyar rupiah) diancam kepada anggota dewan komisaris,direksi,pegawai bank,atau pihak terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *