Makalah Mengenai Kejahatan Bank Yang Diatur Diluar Uu Perbankan? (Solution found)

Apa saja ruang lingkup tindak pidana perbankan?

Dalam Undang-Undang Perbankan Syariah, ruang lingkup tipibank dapat dibedakan menjadi: 1. Tindak pidana berkaitan dengan perizinan; 2. Tindak pidana berkaitan dengan rahasia bank; 3. Tindak pidana berkaitan dengan pengawasan bank; 4. Tindak pidana berkaitan dengan kegiatan usaha bank; 5. Tindak pidana berkaitan dengan

Jelaskan apa saja yang termasuk dalam kategori kejahatan perbankan dan pelanggaran perbankan?

Mengenali Jenis-Jenis Kejahatan Perbankan

  • Penipuan melalui telepon. Iming-iming mendapatkan hadiah atau ketertarikan terhadap barang yang diiklankan menjadi modus yang sering dilakukan.
  • Penipuan melalui e-mail.
  • Penawaran investasi.
  • Pemalsuan nomor telepon “call center”

Peraturan perundang undangan apa sajakah yang memuat ketentuan pidana mengenai perbankan?

Menurut Undang-undang Republik Indonesia nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan (selanjutnya disebut dengan Undang-undang Perbankan ) Pasal 51 menyebutkan bahwa kejahatan perbankan adalah tindak pidana yang sebagaimana disebutkan dalam

You might be interested:  Jelaskan Apa Saja Tugas Dari Bank Sentral? (Solved)

Apa perbedaan antara tindak pidana dibidang perbankan dengan tindak pidana perbankan?

Secara umum Tindak Pidana di Bidang Perbankan diartikan sebagai tindak pidana yang berkaitan dengan perbankan, sedangkan Tindak Pidana Perbankan adalah tindak pidana sebagaimana diatur dalam undang-undang perbankan.

Tindak pidana perbankan termasuk delik apa?

Delik – delik dalam KUHP yang dapat dikenakan terhadap tindak pidana di bidang Perbankan dikelompokkan ke dalam delik penipuan(Pasal 378 KUHP), delik penggelapan(Pasal 372 dan 374 KUHP), delik pemalsuan surat (Pasal 263 KUHP)dan delik pencurian atau pencurian dengan delik pemberatan(Pasal 362 atau Pasal 363 ayat 1 ke-4

Apakah sanksi yang diberikan kepada bank yang melakukan pelanggaran rahasia bank?

b) Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang-kurangnya Rp 4.000.000.000,00 (empat

Kejahatan apa yang dilakukan di dunia perbankan?

* Modus kejahatan perbankan umumnya berupa skimming, phishing, dan malware. * Phishing ialah upaya pencurian informasi nasabah berupa user id, kata sandi (password), atau kartu kredit.

Mengapa kejahatan perbankan digolongkan ke dalam white collar crime?

Kejahatan ekonomi di bidang perbankan dapat dikatakan sebagai white collar crime karena kejahatan tersebut dilakukan oleh si pelaku dengan jalan menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan kepadanya dari masyarakat.

Apa yang saudara ketahui tentang pencucian uang dan diatur dalam UU nomor berapa?

bahwa Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 perlu disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan penegakan hukum, praktik, dan standar internasional sehingga perlu diganti dengan undang-undang baru; d.

You might be interested:  Bank Yang Tidak Ada Potongan? (Solved)

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank apa yang dirahasiakan dari nasabah?

“ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.” Prinsip kerahasiaan bank bermula timbul dari tujuan untuk melindungi kepentingan nasabah bank agar terlindungi kerahasiaan yang menyangkut keadaan keuangannya dan data pribadi nasabah.

Faktor apa saja yang termasuk dalam pengecualian penerapan rahasia bank?

Akan tetapi, ada beberapa pengecualian bagi bank untuk memberikan rahasia bank itu, yaitu dalam hal – hal berikut:

  • Untuk kepentingan perpajakan.
  • Untuk penyelesaian piutang bank yang sudah diserahkan kepada Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/Panitia Urusan Piutang Negara.
  • Untuk kepentingan peradilan dalam perkara pidana.

Syarat apa sajakah yang diperlukan untuk mendirikan bank sesuai UU No 10 Tahun 1998?

Untuk memperoleh izin usaha Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), wajib dipenuhi persyaratan sekurang-kurangnya tentang:

  • susunan organisasi dan kepengurusan;
  • permodalan;
  • kepemilikan;
  • keahlian di bidang Perbankan;
  • kelayakan rencana kerja.

Apa pengertian delik perbankan?

Tindak pidana perbankan adalah tindak pidana yang menjadikan bank sebagai sarana (crimes through the bank ) dan sasaran tindak pidana itu (crimes against the bank ) Perbankan memang telah mengalami suatu ujian yang sangat berat terutama dalam profesionalisme kepengurusan bank.

Mengapa tindak pidana perbankan termasuk tindak pidana ekonomi?

Tindak pidana di bidang perbankan merupakan salah satu bentuk kejahatan ekonomi yakni segala jenis perbuatan yang melanggar hukum yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan perbankan dimana bank sebagai sasaran dan sarana tindak pidana.

Mengapa perlu dilakukan pengawasan dalam kegiatan perbankan?

Tujuan pengawasan bank oleh Bank Indonesia adalah menciptakan perbankan yang sehat yang dapat memenuhi tiga aspek, pertama memelihara kepentingan masyarakat, beroperasi dengan sehat dan efisien dan mampu memenuhi kewajibannya terhadap masyarakat penyimpan dana, kedua berkembang secara wajar dan mampu memberikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *