Kerahasiaan Bank Dan Mengapa Bank Harus Selalu Menjaga Kerahasiaannya? (Solution found)

Kerahasiaan bank sangatlah penting agar bank dipercaya oleh masyarakat yang kemudian mau menyimpan uangya pada bank. Masyarakat hanya mempercayakan uangnya pada bank atau menggunakan jasa bank apabila bank memberikan jaminan bahwa pengetahuan bank tentang simpanan dan keadaan keuangan nasabah tidak disalahgunakan.

Mengapa bank harus menjaga rahasia?

Hal ini dikarenakan rahasia bank sangat penting bagi nasabah, karena tanpa rahasia bank orang lain akan dengan mudah mempelajari keadaan keuangan nasabah yang nantinya dapat digunakan untuk menyalahgunakan dana pada rekening nasabah tersebut.

Mengapa kerahasiaan bank perlu diatur dalam hukum perbankan?

Ketentuan rahasia bank diperlukan karena perbankan harus melindungi nasabahnya. Bank yang membocorkan informasi yang dikategorikan rahasia bank layak dikenakan sanksi berat.[35] Meskipun begitu, ketentuan itu tidaklah bisa kaku serta ketat tanpa pengecualian.

Hal apa saja yang perlu dirahasiakan oleh bank?

Akan tetapi, ada beberapa pengecualian bagi bank untuk memberikan rahasia bank itu, yaitu dalam hal-hal berikut:

  • Untuk kepentingan perpajakan.
  • Untuk penyelesaian piutang bank yang sudah diserahkan kepada Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/Panitia Urusan Piutang Negara.
  • Untuk kepentingan peradilan dalam perkara pidana.
You might be interested:  Bank Yang Ada Tabungan Emas? (TOP 5 Tips)

Apakah ada UU yang mengatur terkait kerahasiaan bank?

Ketentuan mengenai rahasia bank di Indonesia telah diatur di dalam Undang Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, namun pengaturan dalam Undang-undang tersebut dirasa masih memiliki kekurangan sehingga dilakukan perubahan melalui Undang-undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU No. 7 Tahun 1992 Tentang

Apakah mantan pegawai bank wajib menjaga rahasia bank?

Pada Pasal 1 angka 22 Undnag-Undang Nomor 10 tahun 1998 tidak menyebutkan bahwa mantan pegawai bank diwajibkan untuk ikut serta menjaga rahasia bank.

Mengapa bank wajib merahasiakan identitas nasabah penyimpan dan simpanannya brainly?

Jawaban: Untuk Kepentingan Perpajakan. Untuk Kepentingan Penyelesaian Piutang Bank. Untuk kepentingan Peradilan Pidana.

Uraikan sanksi apa yang akan dikenakan jika bank melanggar membocorkan rahasia nasabah bank?

Juga melanggar Pasal 47 ayat (2) UU 10/1998 di mana Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 tahun dan paling lama 4 tahun serta denda sekurang

Apakah data nasabah debitur kredit termasuk informasi yang harus dirahasiakan oleh bank?

Meninjau definisi di atas, maka data kredit tidak termasuk dalam informasi yang harus dirahasiakan. Dengan demikian, apabila KPK meminta data nasabah atau debitur dari bank, maka bank wajib memberikan data tersebut kepada KPK.

Jelaskan pengertian rahasia bank dan apa saja yang harus dirahasiakan?

“ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.” Prinsip kerahasiaan bank bermula timbul dari tujuan untuk melindungi kepentingan nasabah bank agar terlindungi kerahasiaan yang menyangkut keadaan keuangannya dan data pribadi nasabah.

You might be interested:  How To Save Bank Statement As Pdf? (Solved)

Ruang lingkup apa saja dalam rahasia bank?

Ruang lingkup rahasia bank pada bank syariah meliputi nasabah penyimpan dan simpanannya serta nasabah investor dan investasinya. Mengenai hak dan kewajiban dalam menjaga rahasia bank semua pihak yang berkaitan berkewajiban untuk menjaga rahasia bank. Dalam hal ini bank maupun nasabah bank syariah.

Bagaimana pengaturan rahasia bank untuk kepentingan perpajakan dalam UU Perbankan?

Ketentuan diperbolehkannya membuka rahasia bank untuk kepentingan perpajakan diatur dalam Pasal 41 UU Perbankan No. 10 Tahun 1998 yang menyatakan “Untuk kepentingan perpajakan, Pimpinan Bank Indonesia atas permintaan Menteri Keuangan berwenang mengeluarkan perintah tertulis kepada bank agar memberikan keterangan dan

Apakah bank bisa memberikan informasi data nasabahnya ke bank lainnya?

Izin Membuka Rahasia Bank Sebagaimana telah di jelaskan di atas bahwa keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya wajib dirahasiakan, namun pemberian data dan informasi (rahasia bank ) kepada pihak lain dimungkinkan/ dikecualikan untuk hal-hal tertentu.

Persetujuan apakah yang diberikan dalam mendirikan bank?

a. persetujuan prinsip, yaitu persetujuan untuk melakukan persiapan pendirian Bank Umum; b. izin usaha, yaitu izin yang diberikan untuk melakukan usaha setelah persiapan sebagaimana dimaksud dalam huruf a selesai dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *