Kapan Rahasia Bank Bisa Gugur? (Best solution)

Rahasia bank akan gugur, apabila : 1. Untuk kepentingan perpajakan. Pimpinan Bank Indonesia atas permintaan Menteri Keuangan berwenang mengelurakan perintah tertulis kepada bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti- bukti tentang keuangan nasabah penyimpanannya tertentu kepada pejabat pajak.

Ok Google kapan rahasia bank bisa gugur?

Rahasia akan gugur bila: 1. Untuk kepentingan perpajakan; Pimpinan Bank Indonesia, atas permintaan Menteri Keuangan, berwenang mengeluarkan perintah tertulis kepada Bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti-bukti tentang keuangan nasabah penyimpan tertentu kepada pejabat pajak.

Kapan rahasia bank bisa dibuka?

(1) Pemberian perintah atau izin tertulis membuka Rahasia Bank sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Pasal 5, dan Pasal 6 dilaksanakan oleh Gubernur Bank Indonesia dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah surat permintaan diterima secara lengkap oleh Direktorat Hukum Bank Indonesia.

Siapa saja yang harus menjaga kerahasiaan bank?

Pihak-pihak yang berkewajiban menjaga rahasia bank disebutkan dalam Pasal 47 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Pihak- pihak dimaksud antara lain: 1) Anggota Dewan Komisaris, 2) Direksi, 3) Pegawai Bank, dan 4) Pihak Terafiliasi lainnya dari bank.

You might be interested:  Apa Akun Bank Bri? (Solved)

Mengapa kerahasiaan bank perlu diatur dalam hukum perbankan?

Ketentuan rahasia bank diperlukan karena perbankan harus melindungi nasabahnya. Bank yang membocorkan informasi yang dikategorikan rahasia bank layak dikenakan sanksi berat.[35] Meskipun begitu, ketentuan itu tidaklah bisa kaku serta ketat tanpa pengecualian.

4 Apakah rahasia bank tersebut bersifat mutlak?

Teori rahasia bank bersifat mutlak, yaitu bank berkewajiban menyimpan rahasia nasabah yang diketahui oleh bank karena kegiatan usahanya dalam keadaan apapun.

Apakah karyawan bank yang sudah tidak bekerja lagi di suatu bank masih memiliki kewajiban untuk memegang teguh kerahasiaan bank?

Dari Pasal 47 ayat (7) huruf b dapat diartikan bahwa kewajiban menjaga rahasia bank tetap berlaku meskipun sudah tidak bertugas dan telah selesai bekerja di bank, ataupun tidak berhubungan lagi dengan pekerjaan yang ada di bank tersebut.

Apakah bank bisa memberikan data nasabah?

Sesuai dengan ketentuan Pasal 40 (1) UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan ‘ bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya’. Data /informasi di atas tidak boleh diberikan kepada pihak ketiga atau digunakan untuk tujuan selain yang disepakati.

Apakah bank bisa memberikan informasi data nasabahnya ke bank lainnya?

Izin Membuka Rahasia Bank Sebagaimana telah di jelaskan di atas bahwa keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya wajib dirahasiakan, namun pemberian data dan informasi (rahasia bank ) kepada pihak lain dimungkinkan/ dikecualikan untuk hal-hal tertentu.

Dalam hal apakah rahasia bank bisa dikecualikan?

Kewajiban untuk memegang teguh kerahasiaan bank tidak berlaku atau dikecualikan dalam hal yang salah satunya pengecualiannya yaitu terhadap kepentingan peradilan dalam perkara pidana, termasuk pidana judi online.

Mengapa bank harus selalu menjaga kerahasiaannya?

Secara teori, tujuan dan rahasia bank adalah untuk melindungi dana masyarakat yang disimpan bank, mengingat masyarakat hanya mau menjadi nasabah bank apabila ada jaminan bahwa rekeningnya dapat dijamin kerahasiaannya sehingga tidak dapat disalahgunakan (dalam bentuk kejahatan) oleh pihak manapun juga, baik oleh intern

You might be interested:  Bukti Untuk Mutasi Kas Di Bank Yang Disusun Oleh Pihak Bank Untuk Para Nasabahnya? (Correct answer)

Bagaimana sanksi jika kita melanggar kerahasiaan bank?

Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau pihak terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang kurangnya Rp 4.000.000.000 (empat miliar

Apakah kewajiban rahasia bank itu masih berlaku sekalipun yang bersangkutan tidak lagi menjadi nasabah bank mantan nasabah?

Mengingat tujuan dari diadakannya ketentuan mengenai kewajiban rahasia bank, seyogianya apabila Undang-Undang Perbankan Indonesia menentukan bahwa kewajiban rahasia bank tetap diberlakukan sekalipun nasabah yang bersangkutan telah tidak lagi menjadi nasabah bank yang bersangkutan (telah menjadi mantan nasabah ).

Uraikan sanksi apa yang akan dikenakan jika bank melanggar membocorkan rahasia nasabah bank?

Juga melanggar Pasal 47 ayat (2) UU 10/1998 di mana Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 tahun dan paling lama 4 tahun serta denda sekurang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *