Denda Yang Dikenakan Jika Melanggar Rahasia Bank? (Solution)

Sanksi apakah yang akan di kenakan kepada bank yang membocorkan rahasia nasabahnya?

Juga melanggar Pasal 47 ayat (2) UU 10/1998 di mana Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 tahun dan paling lama 4 tahun serta denda sekurang

Apa itu sanksi administrasi?

Sanksi administratif dapat diartikan sebagai sanksi yang dikenakan terhadap pelanggaran administrasi atau ketentuan undang-undang yang bersifat administratif. Sanksi administratif dapat berupa denda, peringatan tertulis, pencabutan izin tertentu, dan lain-lain.

Anggota Dewan Komisaris Direksi pegawai bank yang dengan sengaja membuka rahasia bank dimana tidak melalui prosedur diancam pidana penjara dan denda sebesar?

Anggota Dewan Komisaris, Direksi atau pegawai bank yang dengan sengaja tidak memberika keterangan yang wajib dipenuhi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 34 ayat (1) dan ayat (2), diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2(dua) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun serta denda

You might be interested:  Bank Bca Termasuk Bank Apa? (Correct answer)

Jika terdapat pelanggaran rahasia bank apakah bisa dituntut dan apa sanksi yang didapat oleh pelaku yang bersangkutan?

Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Akibat hukum terhadap pembukaan rahasia bank adalah berupa ancaman pidana maupun denda secara administratif. Sanksi pidana berupa pidana penjara dan denda dikenakan kepada siapa saja yang memaksa bank atau pihak terafiliasi untuk memberikan keterangan.

Jelaskan pengertian rahasia bank dan apa saja yang harus dirahasiakan?

“ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.” Prinsip kerahasiaan bank bermula timbul dari tujuan untuk melindungi kepentingan nasabah bank agar terlindungi kerahasiaan yang menyangkut keadaan keuangannya dan data pribadi nasabah.

Apa perbedaan sanksi administrasi dan sanksi pidana?

Perbedaan antara sanksi administrasi dan sanksi pidana dapat dilihat dari tujuan pengenaan sanksi itu sendiri. Sanksi administrasi ditujukan kepada perbuatan pelanggarannya, sedangkan sanksi pidana ditujukan kepada sipelanggar dengan memberi hukuman berupa nestapa.

Siapa yang menjatuhkan sanksi dalam hukum administrasi negara?

dasar legistimasi (kewenangan) Pengadilan Negeri menjatuhkan sanksi administratif b. pengadilan yang berwenang untuk mengadili gugatan (perlawanan) dari pelaku usaha yang ijin usahanya dicabut.

Sanksi pidana apa saja?

a. Sanksi Pidana

  • Hukuman mati.
  • Hukuman penjara.
  • Hukuman kurungan.
  • Hukuman denda.
  • Hukuman tutupan.

Apakah bank bisa memberikan informasi data nasabahnya ke bank lainnya?

Izin Membuka Rahasia Bank Sebagaimana telah di jelaskan di atas bahwa keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya wajib dirahasiakan, namun pemberian data dan informasi (rahasia bank ) kepada pihak lain dimungkinkan/ dikecualikan untuk hal-hal tertentu.

Bolehkah bank menggunakan info nasabah tanpa izin?

Sesuai dengan ketentuan Pasal 40 (1) UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan ‘ bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya’. Pasal ini secara tegas mengatur bahwa bank wajib merahasiakan keterangan tentang nasabah dalam kedudukannya sebagai nasabah penyimpan.

You might be interested:  Kerja Di Bank Harus Jurusan Apa? (TOP 5 Tips)

Undang undang nomor berapakah yang mengatur kerahasiaan bank?

Ketentuan mengenai rahasia bank di Indonesia telah diatur di dalam Undang Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, namun pengaturan dalam Undang – undang tersebut dirasa masih memiliki kekurangan sehingga dilakukan perubahan melalui Undang – undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU No. 7 Tahun 1992 Tentang

Sanksi apa yang akan diterima pihak bank jika dengan sengaja tidak memberikan keterangan yang dikecualikan?

“Anggota dewan komisaris, direksi, atau pegawai bank yang dengan sengaja tidak memberikan keterangan yang wajib dipenuhi diancam dengan pidana sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 7 (tujuh) tahun serta denda sekurang-kurangnya Rp. 4.000.000.000, – (empat milyar rupiah) dan paling banyak Rp. 15.000.000.000,-

Apakah data nasabah debitur kredit termasuk informasi yang harus dirahasiakan oleh bank?

Meninjau definisi di atas, maka data kredit tidak termasuk dalam informasi yang harus dirahasiakan. Dengan demikian, apabila KPK meminta data nasabah atau debitur dari bank, maka bank wajib memberikan data tersebut kepada KPK.

Bank wajib menjaga rahasia tentang keadaan keuangan nasabah kapan rahasia bank bisa gugur?

Rahasia bank akan gugur, apabila: 1. Untuk kepentingan perpajakan. Pimpinan Bank Indonesia atas permintaan Menteri Keuangan berwenang mengelurakan perintah tertulis kepada bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti- bukti tentang keuangan nasabah penyimpanannya tertentu kepada pejabat pajak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *