Apa Saja Persyaratan Yang Diminta Bank Dalam Mengeluarkan Bank Garansi? (Solved)

SYARAT PENERBITAN BANK GARANSI

  • Jenis Jaminan Bank Garansi yang akan diterbitkan.
  • Nama Bank Penerbit Bank Garansi yang akan digunakan.
  • Nama dan Alamat Terjamin (Principal)
  • Nomor NPWP Terjamin (Principal)
  • Nama dan Alamat Penerima Jaminan (Obligee)
  • Nama Paket Pekerjaaan.
  • Nilai Kontrak.
  • Nilai Jaminan.

Apakah semua bank di Indonesia dapat menerbitkan bank garansi dan adakah syarat khusunya bagi bank yang ingin menerbitkan bank garansi?

Pada dasarnya semua bank dapat mengeluarkan garansi bank atau bank guarantee, namun hal tersebut harus sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti Surat Edaran Direksi Bank Indonesia No.11/110/KEP/DIR/UPPB

Apa saja jaminan bank garansi?

Bank garansi adalah sebuah jaminan tertulis yang diberikan bank kepada nasabahnya. Bank dalam hal ini berperan sebagai pemberi jaminan, sedangkan nasabah menjadi pihak yang dijamin. Adapun fasilitas jaminan yang diberikan bank adalah L/C untuk impor, L/C dalam negeri, shipping guarantee dan lainnya.

You might be interested:  Bank Syariah Yang Paling Murah? (Correct answer)

Hal hal apa saja yang termuat dalam perjanjian bank garansi?

Berdasarkan SE BI, suatu bank garansi sekurang-kurangnya memuat ketentuan sebagai berikut:

  • Judul “ Garansi Bank ” atau “ Bank Garansi ”;
  • Nama dan alamat bank penerbit;
  • Tanggal penerbitan;
  • Transaksi antara pihak yang dijamin dengan penerima garansi;
  • Jumlah uang yang dijamin bank penerbit;
  • Tanggal mulai berlaku dan berakhir;

Apa yang dimaksud jaminan pelaksanaan?

Jaminan Pelaksanaan atau Performance Bond adalah jaminan yang diterbitkan oleh Surety Company untuk menjamin Obligee bahwa Principal akan dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh Obligee sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diperjanjikan dalam kontrak pekerjaan.

Apa itu bank garansi dan fungsinya?

Bank Garansi adalah garansi dalam bentuk warkat yang diterbitkan oleh bank, yang mengakibatkan kewajiban membayar terhadap pihak yang menerima garansi (beneficiary) apabila pihak yang menjamin cidera janji (wanprestasi). Jenis-jenis Bank Garansi adalah: Tender/Bid Bond. Performance Bond.

Apa yang dimaksud dengan bank garansi?

Bank Garansi adalah garansi yang diterbitkan secara tertulis oleh Bank dalam bentuk warkat yang mengakibatkan kewajiban membayar terhadap pihak yang menerima garansi apabila pihak yang dijamin cedera janji (wanprestasi) Cara pembayaran dapat diangsur atau tidak diangsur (non angsuran).

Bagaimana proses terjadinya transaksi bank garansi?

Mekanisme bank garansi adalah, bank menerbitkan bank garansi setelah ada transaksi sebelumnya. Dalam arti, untuk menerbitkan bank garansi harus ada kegiatan pokok yang dijamin melalui bank garansi. adanya transaksi yang menimbulkan kewajiban membayar pada waktu tertentu di kemudian.

Kapan bank garansi bisa dicairkan?

Sedangkan, menurut pasal 67 ayat (3) Perpres 54/2010, jaminan atas pengadaan barang/jasa harus dapat dicairkan tanpa syarat (unconditional) sebesar nilai jaminan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja.

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Internet Banking Memberi Keuntungan Bagi Pihak Bank? (TOP 5 Tips)

Apakah fungsi dari bank garansi?

Bagi pemegang jaminan (pemberi pekerjaan) bank garansi adalah untuk memberi keyakinan bahwa pemegang jaminan tidak akan menderita kerugian bila pihak yang dijaminkan melalaikan kewajibannya, karena pemegang akan mendapat ganti rugi dari pihak perbankan yang menerbitkan bank garansi.

Bagaimana jika terjadi wanprestasi terhadap bank garansi?

Dalam hal pihak yang dijaminkan oleh pihak bank melakukan wanprestasi, maka akan timbul klaim dari pihak penerima jaminan bank dan berakibat harus dicairkannya bank garansi oleh bank penerbit bank garansi selaku bank penjamin.

Mengapa kontraktor perlu memberikan jaminan garansi bank untuk uang muka?

Jaminan Bank Garansi diperlukan dalam kontrak antara pemilik proyek dan pelaksana atau kontraktor. Dimana pemberi kerja ingin memastikan bahwa kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan isi kontrak. Jaminan ini tidak lain digunakan sebagai Jaminan Pelaksanaan Proyek yang akan dikerjakan oleh Kontraktor.

Mengapa jaminan penting dalam garansi bank?

Garansi bank merupakan jaminan yang akan menjadi sebuah pegangan bagi para nasabah dalam menyelesaikan berbagai kepentingan perjanjian bisnis yang mereka lakukan. Penggunaan garansi bank akan sangat mempermudah dan memberi rasa aman bagi kedua belah pihak yang melakukan perjanjian.

Jaminan Pelaksanaan diberikan untuk pengadaan apa?

Jaminan pelaksanaan merupakan jaminan yang wajib diserahkan untuk Kontrak Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya bernilai di atas Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah), kecuali Pengadaan Jasa Lainnya yang aset Penyedia sudah dikuasai oleh Pengguna, Pengadaan Barang/Jasa melalui EPurchasing; atau

Berapa jaminan pelaksanaan?

Besaran nilai Jaminan Pelaksanaan adalah sebagai berikut: 1) Untuk nilai penawaran terkoreksi antara 80% (delapan puluh persen) sampai dengan 100% (seratus persen) dari nilai HPS, Jaminan Pelaksanaan sebesar 5% (lima persen) dari nilai kontrak; atau 2) Untuk nilai penawaran terkoreksi di bawah 80% (delapan puluh persen

You might be interested:  Apa Yang Anda Ketahui Tentang Bank Bca? (Solution found)

Apa yang dimaksud jaminan uang muka?

Jaminan Uang Muka adalah salah satu jenis dari Contract Bond untuk menjamin Obligee bahwa uang muka akan dikembalikan apabila Principal lalai/gagal melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang diperjanjikan dalam kontrak. Jaminan Uang Muka disebut juga dengan Advanced Payment Bond.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *