Apa Itu Rekonsiliasi Bank? (Solution found)

Apa itu rekonsiliasi bank dalam akuntansi?

Rekonsiliasi bank adalah sebuah rangkaian catatan informasi yang menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan perbedaan antara catatan bank dengan catatan kas. Apabila perbedaan muncul dari transaksi nasabah yang belum dicatat oleh bank, catatan bank nasabah yang benar.

Apa Tujuan dari rekonsiliasi bank?

Catatan bank ini mencantumkan aktivitas dalam rekening bank dan juga saldo yang ada di dalamnya. Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan saldo dalam catatan akuntansi perusahaan dengan informasi terkait pada laporan bank. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan persamaan dan perbedaan antara keduanya.

6 Apa yang dimaksud dengan rekonsiliasi bank?

Rekonsiliasi bank adalah proses penyesuaian informasi catatan kas menurut data sebuah perusahaan dan juga menurut bank. Dalam proses rekonsiliasi bank akan memperlihatkan seluruh transaksi yang telah Anda lakukan selama periode yang ditentukan.

Bagaimana prosedur rekonsiliasi bank?

Cara Prosedur Rekonsiliasi Bank

  1. Melakukan Perbandingan Antara Saldo Kas di Buku Besar Perusahaan dan Rekening Koran dari Bank.
  2. 2. Catat Transaksi yang Dilakukan oleh Bank.
  3. 3. Lakukan Penelusuran terhadap Transaksi yang Masih dalam Proses.
  4. 4. Buat Lembar Kerja Rekonsiliasi Bank dan Hitung Selisihnya.

Siapa yang membuat rekonsiliasi bank?

Jika diperlukan, seorang akuntan akan menyusun rekonsiliasi bank sebulan sekali. Dalam menyusunnya, akuntan memerlukan laporan keuangan pada tahun berjalan dan tahun sebelumnya. Data yang digunakan untuk menyusun rekonsiliasi bank adalah saldo rekening koran bank dan saldo kas perusahaan.

You might be interested:  Apa Saja Tugas Bank Indonesia? (Question)

Apakah kegunaan dari rekonsiliasi bank?

1. Untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang janggal, maka saldo kas yang dilaporkan bank akan sama persis seperti catatan perusahaan. 2. berguna untuk mengetahui penerimaan dan pengeluaran yang sudah terjadi di bank tapi belum dicatat oleh perusahaan.

Apa saja item rekonsiliasi bank?

Komponen Rekonsiliasi Bank

  • Deposit on Transit. Penyebab paling umum yang dapat membuat laporan keuangan perusahaan dan yang ada di bank berbeda adalah deposit on transit atau setoran dalam proses.
  • Cek Beredar (Outstanding Check)
  • Jasa Giro.
  • Cek Kosong (Non Sufficient Fund Check)
  • Piutang Wesel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *